Tugas Pokok Dan Fungsi

Mempedomani Peraturan Bupati Batang Hari Nomor 54 Tahun 2016 tentang Kedudukan,Tugas Dan Funsi , Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas Membantu Bupati dalam melaksanakan urusan Penunjang Pemerintahan di bidang Perencanaan Pembangunan Daerah yang menjadi Kewenangan Daerah dan Tugas Pembantu yang diberikan Kepala Daerah. Kepala Bappeda mempunyai fungsi:

mengkoordinasikan penyusunan dokumen perencanaan daerah;

  1. Memfasilitasi Rancangan Renstra Perangkat Daerah;
  2. Mengkoordinasikan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RT RW daerah dan RPJMD daerah;
  3. Mengkoordinasikan sinergitas dan harmonisasi kegiatan perangkat daerah;
  4. Mengkoordinasikan sinergitas dan harmonisasi kegiatan K/L dan Provinsi daerah;
  5. Memfasilitasi penyiapan, penghimpun dan pengusulan serta pengendalian DAK dn TP daerah;
  6. Melaksanakan pengendalian, monitoring dan evaluasi dokumen perencanaan daerah;
  7. Mengkoordinasikan pembinaan teknis perencanaan kepada perangkat daerah;
  8. Mengkoordinasikan pengendalian, monitoring dan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah;
  9. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi perncanaan pembangunan daerah; dan
  10. Mengkoordinasikan pelaporan atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah;

Sekretarais Bappeda mempunyai tugas pemberian pelayanan administrasi dibidang kepegawaian, pengelolaan keuangan, administrasi, perlengakapan dan kebutuhan rumah tangga dan ketatausahaan dilingkungan Bappeda.
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, sekretaris Bappeda mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan bahan-bahan/materi serta perangkat peraturan yang diperlukan dibidang tugasnya;
  2. Pemberian bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis dibidang tugasnya kepada bawahannya;
  3. Pengumpulan data-data dan informasi yang diperlukan sebagai bahan penyusunan program kerja Bappeda;
  4. Penyelenggaraan dan pengelolaan urusan keuangan Bappeda sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan;
  5. Pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan tata usaha, administrasi, kepegawaian dan rumah tangga Bappeda;
  6. Perencanaan pengembangan sumber daya aparatur Bappeda;
  7. Pelaksanaan evaluasi dan membuat laporan realisasi dan pelaksanaan tugas Sekretariat kemudian menyampaikannya kepada Kepala Bappeda;
  8. Pelaksanaan koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan Bappeda;
  9. Pemberian pertimbangan dan saran keada Kepala Bappeda di bidang tugasnya, dan
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan;

Sekretaris sebagaimana dimaksud diatas membawahi :

                    a. Subbagian Umum ;
                    b. Subbagian Keuangan ;
                    c. Subbagian Penyusunan Rencana Kerja dan Informasi

Masing-masing subbagian sebagaimana maksud diatas dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada kepala Badan melalui sekretaris.

Kepala Sub Bagian Umum sebagaimana dimaksud diatas mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi umum, administrasi kepegawaian dan mengelola perlengkapan rumah tangga.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Sub Bagian umum mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan bahan-bahan/materi serta perangkat peraturan yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. Pemberian bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis dibidang tugasnya kepada bawahanya;
  3. Pengelolaan, pemrosesan dan pengendalian kegiatansuratmenyurat meliputisuratmasuk dansuratkeluar;
  4. Pemeliharaan, penjagaan dan penyusunan kearsipan surat-surat dan naskah dnas yang telah diproses sesuai pokok rmasalah;
  5. Pemeliharaan dan penjagaan keamanan ketertiban dan kebersihan dilingkungan rumah tangga kantor;
  6. Pemberian informasi dan pencatatan kegiatan kepala Bappeda pada setiap hari kerja;
  7. Pelayanan Kepada tamu Bappeda sesuai dengan keperluannya;
  8. Pelaksanaan penatausahaan barang investor kantor;
  9. Penyelenggaraan dan pengelolaan administrasi kepegawaian di lingkungan; kantor Bappeda;
  10. Penyiapan bahan-bahan dan rekomendasi yang diperlukan untuk personalia, materi, rencana penambahan pegawai baru serta pension, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  11. Pengelolaan dan pengurusan administrasi kepegawaian untuk kenaikan pangkat, gaji berkala, karis, karsu, cuti, taspen, izin belajar, sertasurat-surat keterangan lain;
  12. Pelaksanaan pembinaan serta pengembangan karis pegawai;
  13. Pengumpulan bahan-bahan untuk pembuatan daftar susunan pegawai (DSP)  serta Daftar Urut Kepangkatan (DUK) sesuai dengan ketentuan dan petunjuk yang ditetapkan;
  14. Penghimpunan bahan untuk pembuatan Daftar penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) oleh atasan masing-masing unit kerja dilingkungan kantor Bappeda sebagai bahan pertimbangan selanjutnya;
  15. Pengkoordinasian penyelenggaraan rapat;
  16. Penertiban administrasi perjalanan dinas;
  17. Pelaksanaan Koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan kantor Bappeda serta instansi terkait dalam pelaksanaan tugas;
  18. Pemberian pertimbangan dan saran kepada sekretaris dibidang tugasnya;
  19. Pelaksanaan evaluasi dan pembuatan laporan realisasi pelaksanaan tugas dibidang kepegawaian kepada atasan; dan
  20. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas menyusun rencana belanja kantor Bappeda, melalukan urusan administrasi keuangan dan membuat laporan keuangan. 

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan anggaran belanja kantor Bappeda;
  2. Penyiapan bahan-bahan/materi dan perangkat peraturan yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  3. Pemberian bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis dibidang tugas kepada bawahannya;
  4. Pengumpulan data-data/materi dan informasi dari setiap unit kerja dilingkungan Bappeda sebagai bahan untuk penyusunan anggaran belaja setiap tahun;
  5. Penyelenggaraan tugas dibidang keuangan yang meliputi anggaran, perbendaharaan, verifikasi, pembukuan dan tindak lanjut akuntabilitas kinerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Pengarahan Dan pengawasan penyelenggaraan keuangan agar berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  7. Penghimpunan bahan-bahan dalam rangka penyusunansuratpertanggungjawaban (SPJ) sesuai dengan mata anggaran kantor Bappeda dan menyampaikannya kepada Bupati melalui Dinas pendapatan, pengelolaan keuangan dan Asset daerah;
  8. Pengorganisasian penyusunan laporan dibidang keuangan agar sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  9. Pemberian pertimbangan dan saran kepada sekretaris di bidang tugasnya;
  10. Pelaksanaan evaluasi dan pembuatan laporan realisasi pelaksanaan tugas dibidang keuangan kepada atasan; dan
  11. Pelaksanaan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan;

Kepala Sub Bagian Penyusunan Rencana Kerja dan Informasi bertugas menyusun rencana kerja tahunan Bappeda mengikuti pelaksanaan dan melakukan evaluasi atas pelaksanaannya, melakukan kegiatan pendokumentasian, penyimpanan dan penyebarluasan informasi serta menyelenggarakan perpustakaan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas Kepala Sub Bagian Penyusunan Rencana Kerja dan Informasi mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan, pengkoordinasian dan penghimpunan bahan masukan dari bidang-bidang , sebagai dasar penyusunan rencana kerja tahunan Bappeda;
  2. Penyiapan bahan rencana usulan kegiatan Bappeda;
  3. Penyusunan Laporan-laporan kerja tahunan Bappeda;
  4. Pengembangan program-program kerja Bappeda;
  5. Pendokumentasian seluruh kegiatan Bappeda;
  6. Penyimpanan dan penyebarluasan informasi;
  7. Pengelolaan perpustakaan Bappeda;
  8. Pemberian pertimbangan dan saran kepada sekretaris dibidang tugasnya;
  9. Pelaksanaan evaluasi dan pembuatan laporan realisasi pelaksanaan tugas kepada atasan; dan
  10. Pelaksanaan Tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Fungsi Bappeda

Adapun beberapa fungsi kerja BAPEDA adalah:

  1. BAPPEDA mempunyai fungsi penyelenggaraan penelitian dibidang pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan, dalam rangka pengembangan pembangunan secara umum.
  2. Penyusunan Pola Dasar Pembangunan Daerah.
  3. Penyusunan REPELITA daerah
  4. Penyusunan Program Tahunan Daerah
  5. Pelaksanaan kerjasama penelitian dan perencanaan pembangunan daerah dengan lembaga perguruan tinggi dan lembaga lain baik pemerintah maupun swasta.
  6. Pengkoordinasian, perumusan dan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah.
  7. Pemantauan dan evaluasi, penelitian dan perencanaan pembangunan daerah.
  8. Penyelenggaraan tugas pembantuan.
  9. Pengelolaan kesekretariatan dan urusan rumah tangga BAPPEDA.
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan.